Jan 17, 2008

Spido Varioku Mati!


Haah... Spidometer motor baru sebulan mati? Iye om... padahal baru jalan 658,1km lho... tepat sebulan umur tuh motor ane tebus! (eh... siapa yg nanya yak? he...he...).

Kejadiannya tanggal 8 Januari 2008. Gejalanya pertama terasa waktu ngisi bengsin (bensin). Roda depan jalannya gak lancar, ada kayak bunyi tek...tek...tek... gitu, tapi waktu itu gak saya perhatiin banget. Tapi... setelah masuk kawasan tempat saya kerja (dalam perjalanan ke tempat kerja), pas lihat spido meter... weks....?! Mati???!!! (gak kaget-kaget banget padahal, he...he...). Sialan..! dalam hati... Masa motor baru dipake sebulan spido udah mati? Berhubung dah hampir kesiangan masuk kerja, begitu sampai di kantor langsung aja diparkir di parkiran. Hati masih penasaran, apa gerangan penyebabnya? Kabel spidonyakah yang putus? Apa ujung kabel spido atas (yang masuk ke spidometer) yang lepas? Rasa penasaran itu saya tunda sampai pulang ke rumah.

Pas nyampe rumah, buka jaket, sarung tangan, helm dan sepatu, sholat maghrib... langsung embaaaaaaattt..... makan malem, he...he... masa mau bongkar-bongkar ban depan motor gak makan dulu, laper atuh & kurang tenaganya, he...he....
Abis nasi sepiring + tempe & tahu (yg lagi tren saat ini) langsung deh ambil kunci-kunci buat bongkar ban depan agnes (sebutan Genk Ijo buat motor Vario saya). Singkat cerita, ban depan dah dibongkar dan jreeeeng.... keliatan deh girbox spidometer agnes. Pas saya periksa teryata eh... ternyata... gir spido yang terhubung ke kabel spido (kata orang-orang mah gigi nanas lantaran bentuknya yang mirip nanas abis dikupas kali yak?) m...a...c...e...t... total! Macetnya Jakarta mah kalah kalee.... he....he.... Gigi nanasnya sudah rontok kehajar gigi satunya yang nempel ke roda (saya gak tau nama giginya apaan, apa gigi graham atau apa namanya, he...he...). Di ujung gigi nanas tsb ada seperti plastik / lem besi, ada bagiannya sedikit yg nyembul keluar. Namun sayang bagian itu kena ujung obeng & patah. Gambarnya 'silahken' lihat di bawah:

Penyebab gir tersebut macet total sama sekali saya gak ngerti. Apakah lantaran benda yang mirip lem besi diujung gigi nanas apa emang gigi nanasnya terbuat dari ekstrak nanas beneran yang kaya akan vitamin C dan serat alami yang baik untuk kesehatan. Lho kok jadi ngelantur...?! he...he.... Lantaran gak nemu solusinya, ya udah... akhirnya dipasang lagi aja gir box & ban depan ke tempatnya semula.

Ceritanya disingkat lagi. Besoknya tanggal 9 Januari, saya telepon teman yang jadi sub dealer Honda tempat saya nebus tuh Vario dan tanya dia apa bisa diklaim garansi apa gak. Sebab setau saya yang digaransi itu cuman mesin. Dia gak bisa mutusin & cuma bisa bilang "tunggu orang dealernya aja kesini (ke rumah dia) & nanti di cek".

Lantaran gak sabar nunggu, akhirnya saya curhat masalah Vario saya ke seorang teman di Genk Ijo dan dia minta diemailin foto-foto di atas buat dikirim ke kenalannya di AHM (Astra Honda Motor lho ya? Bukan 'Anda Harap Maklum', he...he...). Hari Jum'atnya (tgl 11 Jan), saya sengaja gak masuk kerja buat ngurus garansi & menunggu orang dealer datang seperti yang dijanjikan teman pemilik sub dealer itu.

Sekitar jam 9.30WIB, teman saya yang saya kirimi email foto gir & spido vario saya telepon dan dia bilang email dari saya sudah diteruskan ke kenalannya di AHM dan kayaknya bakalan diforward lagi ke internalnya AHM untuk ditindaklanjuti. Ternyata benar! Gak lama setelah nerima telepon dia dan cek email, ternyata ada email masuk dari Customer Service (CS) AHM yang isinya konfirmasi mengenai informasi yang masuk ke AHM tersebut dan meminta nomor telepon agar bisa menghubungi saya secara langsung. Saya langsung reply aja, gak pake nunggu & lama.

Tepat jam 10:08WIB (tepat banget waktunya yak? pan liat di lognya hape :P) saya di telepon oleh CS AHM menanyakan identitas kendaraan serta kronologis kejadian. Dia bilang kasusnya akan dianalisa dan bila itu emang disebabkan cacat produksi, partnya bisa diganti. Dan... tepat jam 11:20WIB saya ditelepon dari HC3 (kalau gak salah singkatan dari Honda Costumer Care Center) Jawa Barat, si penelepon bilang dapat email dari AHM mengenai kasus yang menimpa vario saya untuk ditindaklanjuti dan kembali menanyakan identitas kendaraan, kronologis kejadian, dealer tempat beli, waktu & tempat service terakhir (sebenarnya sevice pertama ding, pan baru 658km-nya). Kemudian dia menanyakan di AHASS mana saya biasa service, untuk dikontak dan diminta mengecek motor saya dan menyarankan saya untuk mengunjungi AHASS tersebut untuk mengecek kondisi dan penyebabnya. Singkat cerita lagi, sekitar jam 14:30WIB, saya ditelepon AHASS langganan saya agar datang untuk mengecek motor saya. Gak pake lama lagi, langsung caboooot... ke AHASS.

Sesampainya di AHASS, motor saya langsung di cek kondisi spidometernya dan dinyatakan rusak/macet girbox spidonya oleh si mekanik AHASS. Akhirnya kepala mekaniknya minta foto copy STNK dan KTP saya serta lembar konsumen di buku service sebagai syarat pengajuan klaim garansi.

Tapi sampai sekarang belum ada kabar juga euy. Apakah partnya udah ada apa belum... Ternyata menunggu itu menyebalkan ya? He...he... Apa Ane Harus Maklum lagi lantaran part indennya lama?

Any way, bus way, saya cukup merasa puas dengan pelayanan atas keluhan/masalah dari motor saya, biarpun sampai saat ini belum ada part pengganti gir box Vario saya dan sampai saat ini juga Vario saya itu hanya jadi penunggu garasi. :D

Ngopi dulu ah... sambil nunggu kabar partnya datang, he...he....

5 comments:

tok said...

itungin ye .. berapa lama tuh part penggantinya tersedia ? aya aya wae ...

me said...

namanya juga Ayank Harap Maklum

Anonymous said...

iye om tok... ini jg lg diitungin, pake stopwatch malah ngitunyah, he...he...

emang Ane Harus Makloom, om ai... :D

gorboman said...

naga2nya... vario bakal diskontinyu, nih.

maksudnya varionya kang ayank doang. wakakkakakakakakakak...

hidup sikat wc!

Ayang Mulyana said...

lha masa vario ane dikloning? aya aya wae, he..he...

eh... partnya udh datang hari jum'at siang tgl 18 jan kemarin. dan di pasang hari sabtu tgl 19 jan. sekarang jarum spidona dah bisa ngacung lagi... :D

part penggantinya datang cepet lantaran kasusnya mau diselikidiki katanyah.

"terima kasih, honda..." :))